Pengaruh Gaya Belajar Dan Strategi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Gaya Belajar Dan Strategi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tarakan

Pengaruh Gaya Belajar Dan Strategi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Yuliana Oktavianti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya: deskripsi kategori gaya belajar; deskripsi kategori strategi belajar; deskripsi kategori hasil belajar matematika; pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh strategi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh gaya belajar dan strategi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel penelitian ini adalah 153 siswa yang diambil dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskripstif dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa yang paling dominan terdapat pada kategori gaya belajar visual sebesar 55,56%. Strategi belajar siswa yang paling dominan terdapat pada kategori mengulang sebesar 41,18%. Kategori hasil belajar terdapat pada kategori cukup yaitu dengan interval nilai 60-70 sebesar 30,72%. Hasil analisis regresi linier ganda menunjukkan terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan 0,006. Hasil analisis regresi linier ganda menunjukkan terdapat pengaruh strategi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai signifikan 0,008. Terdapat pengaruh secara simultan antara gaya belajar dan strategi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarakan sebesar 10,6%, dengan persamaan regresi Ŷ = 10,371 + 0,464X1 + 0,450X2.

Kata Kunci: Gaya Belajar, Strategi Belajar, Hasil Belajar Matematika

The aims of this research is to: describe category of learning styles; describe category of learning strategies; describe students’ mathematic learning achievement; find out the effects of learning style on mathematic learning achievement; find out the effects of learning strategy on mathematic learning achievement; find out the effects of learning style, learning strategy on mathematic learning achievement in class X SMA Negeri 1 Tarakan. This research was a quantitative research by using survey method. The sample of this research were 153 students, chosen by stratified random sampling technique. Data collection technique in this research were giving questionnaire and collecting documentation. The data were analyzed by desciptive statistic and multiple linier regression. The result of this research showed that the dominant learning style was visual learning style category which had 55.56%. The dominant of learning strategy was repetition strategy category which had 41.18%. The category of learning achievement was in fair category which 30.72% of students an interval score 60-70. Analysis of multiple linier regression showed that there was effects of learning style and mathematic learning achievement with sig. 0.006. Analysis of multiple linier regression showed that there was effects of learning strategy and mathematic learning achievement with sig. 0.008. There was simultinously effects of learning style, learning strategy and mathematic learning achievement gave constribution for 10.6% with regression equation Ŷ = 10,371 + 0,464X1 + 0,450X2. Keywords: Learning Style, Learning Strategy, Mathematic Learning Achievement

Detail Informasi