Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas XI SMKN 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas XI SMKN 3 Tarakan

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas XI SMKN 3 Tarakan

Pengarang : Yessy Natalia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMKN 3 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 3 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental research dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMKN 3 Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas XI AP sebagai kelas eksperimen dan XI NKPI sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis deskripstif dan analisis inferensial dengan uji independen sampel t-test.
Hasil analisis deskiptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 57,13 dan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas kontrol adalah 38,07. Hasil analisis uji independent sample t-test pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000. Dengan demikian H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi secara signifikan dari kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMKN 3 Tarakan atau model Discovery Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMKN 3 Tarakan.

Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

The objective of this research is to find out the effects of Discovery Learning model on critical thinking ability at the eleventh grade students of SMKN 3 Tarakan. The research was conducted at SMKN 3 Tarakan. The type of this research is a Quasi Experimental by pretest-posttest control group design. The population of this research is all of the eleventh grade classes of SMKN 3 Tarakan. The samples of this research is XI-AP as experiment class and XI-NKPI as control class. The samples of this research were taken by using simple random sampling technique. The technique of data collection at this research is using a test. The data analysis use descriptive and inferensial analysis with independent sample t-test. The result of descriptive analysis showed the mean of critical thinking ability in experiment class is 57,13 and 38,07 in control class. Based on the result of independent sample t-test analysis with 5% of significant level (a = 0,05) obtained p-value is 0,000. It means H0 rejected, it can be concluded that the means of critical thinking ability taught by using Discovery Learning model was significantly higher than the means of critical thinking ability taught by conventional learning model at the eleventh grade of SMKN 3 Tarakan or Discovery Learning model had an effect on critical thinking ability the eleventh grade of SMKN 3 Tarakan. Keywords: Discovery Learning, Critical Thinking Ability

Detail Informasi