
Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X MA Al Khairaat Tarakan
Pengarang : Tri Fahri Ramadhan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kesalahan-kesalahan siswa kelas X MA Al Khairaat Tarakan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman. (2) Mengetahui besar tingkat kesalahan siswa kelas X MA Al Khairaat yang melakukan kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Newman.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dimana semua populasi menjadi sampel dalam penelitian yaitu berjumlah 22 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas X MA Al Khairaat Tarakan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan prosedur Newman adalah (1) siswa salah dalam membaca masalah. Pada tahap ini siswa masih kurang tepat dalam memaknai kalimat yang terkandung dalam soal, dimana siswa salah dalam memaknai perintah soal pada penggunaan metode penyelesaian soal sehingga mengarah pada jawaban yang salah. Persentase kesalahan membaca masalah sebesar 29,04%; (2) siswa salah dalam memahami masalah. Pada tahap ini siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal siswa. Persentase kesalahan memahami masalah sebesar 49,06%; (3) siswa salah dalam transformasi. Pada tahap ini siswa mampu membuat permisalan dan model matematika namun permisalan dan model yang dibuat kurang tepat. Persentase kesalahan transformasi sebesar 26,32%; (4) siswa salah dalam kemampuan memproses. Pada tahap ini siswa salah dalam mengeliminasi variabel sehingga salah dalam prosedur penyelesaian soal. Persentase kesalahan kemampuan memproses sebesar 29,06%; (5) siswa salah dalam penulisan jawaban akhir. Pada tahap ini siswa keliru dalam menentukan jawaban akhir karena tidak sesuai dengan apa yang ditanyakan, selain itu siswa juga tidak menuliskan kesimpulan jawaban. Persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 57,26%.
Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Prosedur Newman, Soal Cerita
The purpose of this study is (1) Knowing the mistakes students of class X MA Al Khairaat Tarakan in solving math story based procedures Newman. (2) Determine the greater the degree of error class X MA Al Khairaat who errs solving math story is based on the theory of Newman. This research is quantitative descriptive. The data collection is done with test method. The population in this study was 22 students with the sampling technique using saturated sample in which all of the population to be sampled in the study that is numbered 22 students. The results showed that: the mistakes made class X MA Al Khairaat Tarakan in solving the story on the material system of linear equations of two variables based procedures Newman is (1) one of the students in reading problems. At this stage, students are still less precise in meaning of the sentence contained in the matter, where the students one of the meanings of the orders about the use of methods of problem solving that lead to the wrong answer. Percentage an error reading matter of 29.04%; (2) the students misunderstood the problem. At this stage, the students did not write what is known and asked in a matter of students. Percentage error understand the problems of 49.06%; (3) any student in the transformation. At this stage, the students are able to make permisalan and yet permisalan mathematical model and the model created quite right. Percentage error transformation of 26.32%; (4) the ability to process any student. At this stage one of the students in eliminating the variables so that one of the problem-solving procedures. Percentage error processing capabilities by 29.06%; (5) any student in the writing of the final answer. At this stage the student mistaken in determining the final answer because it does not comply with what is asked, but it is also about writing student answers. Percentage a typing error in the final answer amounted to 57.26%. Keywords: Students' Mistakes, Procedures Newman, About The Story