Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Pengarang : Syarifah Saleha Farizah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan koneksi matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif Deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di SMP Negeri 4 Tarakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan. Sample pada penelitian ini adalah 33 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan koneksi matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan koneksi matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan adalah sebagai berikut: (1) rata-rata pada indikator memahami representasi ekuivalen suatu konsep, proses, atau prosedur matematika adalah 2,01 berada pada kategori cukup, (2) rata-rata pada indikator memahami hubungan/keterkaitan antartopik matematika adalah 2,51 berada pada kategori baik, (3) rata-rata pada indikator mampu menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah 3,21 berada pada kategori baik.

Kata Kunci: Koneksi Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

The purpose of this research is to determine the level of mathematical connection abilities in ninth grade students of SMPN 4 Tarakan on the linear equations two variables system. The research method was descriptive quantitative. The research was held on the first semester of 2016/2017 academic year. The population in this research were all ninth grade students of SMP Negeri 4 Tarakan. Samples as many as 33 students, samples were taken by simple random sampling. Data were collected using student mathematical connection abilities test. Data analysis were descriptive statistic consist of mean and a standard deviation. Based on the results of Mathematical Connection Abilities, it can be conclude that: 1) The mean of indicator to understand equivalent representation of a concept, process, or mathematic procedure was 2,01 in sufficient category, 2) The mean of indicator to understand mathematic among topic correlation was 2,51 in good category, 3) The mean of indicator is capable to use mathematic in everyday life was 3,21 in good category. Keywords: Mathematical Connection, Linear Equations Two Variables System

Detail Informasi