Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Di Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Di Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Di Tarakan

Pengarang : Suryani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran bulan 2015/2016 di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan VII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 22.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep matematika kelas eksperimen adalah 79,97 dan rata-rata pemahaman konsep matematika kelas kontrol adalah 56,13. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh nilai signifikan (1-tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe Make a Match berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Kata Kunci: Make a Match, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

The objective of this study is to find out the Effect of Cooperative Learning Model Make a Match Type on The Ability in Understanding The Mathematic Concept in The Seven Grade Students of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. This research was held in the even semester in academic year of 2015/2016 SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. The Type of The Study is Quasi experimental, research by posttest only control design. The population of this Study is all the seven grade classes of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. The sample of this study is VII-A as an experimental class and VII-B as a control class. The sample was taken by using simple random sampling. This study used test in collecting the data. The data was analyzed by using statistic analyze descriptive and inferential. The resilt of descriptive analysis show that the Means Value of Ability in Understanding the Mathematic Concept for experimental class is 79,97 and the value of ability in understanding the mathematic concept of control class is 56,13. While, based on the independent sample t-test analyze result with 5% of Significan level 5% (a=0,05) obtained significan value (1 – tailed) is 0,000. It means that H0 was rejected. It can be concluded that Cooperative Leaning Model Make a Match Type on the Ability in Understanding the Mathematic Concept at SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Keywords: Make a Match, The Ability in Understanding the Mathematic Concept

Detail Informasi