Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Terhadap Keaktifan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Terhadap Keaktifan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Terhadap Keaktifan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Sumiati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperarif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap keaktifan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2015/2016 di SMK Negeri 1 Tarakan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan dan sampelnya adalah kelas XI Akuntansi 1 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji Mann-Whitney untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap keaktifan siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan.
Hasil analisis data yang menggunakan teknik analisis deskriptif menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada kelas kontrol mengalami penurunan, persentase tertinggi ditunjukkan pada keterangan “sangat kurang aktif” dari 70% menjadi 76%. Sedangkan pada kelas eksperimen pada observasi awal persentase tertinggi ditunjukkan pada keterangan “sangat kurang aktif” yaitu 58%, tetapi mengalami perubahan yang lebih baik setelah diberi perlakuan yaitu 50% pada keterangan “cukup aktif”. Hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney penilaian keaktifan siswa sebelum diberi perlakuan diperoleh z = 1,36, maka harga p = 0,0869. karena pengujian menggunakan uji dua sisi maka harga = berarti p (0,17) > (0,05) dimana H0 diterima yang menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan keaktifan siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan penilaian keaktifan siswa setelah diberi perlakuan diperoleh z = 2,98, maka harga p = 0,0014 berarti p (0,0014) < (0,05) dimana ditolak, Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keaktifan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan.

Kata Kunci: Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Keaktifan Siswa

This study aims to determine the effect of cooperative learning model STAD on activity at class XI student of SMK Negeri 1 Tarakan. This study was a quasi-experimental research design with nonequivalent control group design. The research was conducted on the first semester of the years 2015/2016 at SMK Negeri 1 Tarakan. The populations of this study were all class XI SMK Negeri 1 Tarakan and the sample was a class Accounting 1 was 34 students as the control class and XI Travel Business Tourism (TBT) was 36 students as experimental class. The data collection technique used observation sheets and documentation. The analysis data used descriptive analysis techniques and Mann-Whitney test to determine the effect of STAD model of the student's activity before and after being treated. The results of data analysis by descriptive analysis techniques showed that the activity of students in the control class has decreased, the highest percentage show in the description “much lest active” from 70% to 76%. While the experimental class on preliminary observations indicated the highest percentage in the description of “very less active” at 58%, but experienced a change for the better after being treated is 50% in the caption “quite active”. The results of data analysis using the Mann-Whitney test rating activity of students before being treated obtained z= 1.36, then price p= 0.0869. Selected for testing using to two tailed test ptabel x 2 = 0.17, means the price p(0.17) > (0.05) where H0 is accepted that states that there is no difference liveliness control class and experimental class, while at the and ratings student activity after being treated obtained z= 2.98, p = 0.0014 means the price p(0.0014)< (0.05) where H0 reject , Ha received stating that there is influence by using STAD cooperarive learning activity at class XI students of XI SMK Negeri 1 Tarakan. Keywords: Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Activity Of Students

Detail Informasi