
Pengaruh Sikap Belajar Dan Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Suliza - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori sikap belajar siswa, tingkat kecemasan matematika siswa dan seberapa besar pengaruh sikap belajar dan kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel penelitian ini adalah 136 siswa yang diambil dengan teknik proporsional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskripstif dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategorisasi sikap belajar pada umumnya berada pada kategori baik sebesar 41,18%. Kategorisasi kecemasan matematika pada umumnya berada pada kategori tinggi sebesar 34,56%. Sikap belajar dan kecemasan matematika memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan dengan persamaan regresi menunjukkan Ŷ = 32,374 + 18,446 X1 – 5,686 X2. Hasil analisis pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel sikap belajar dan kecemasan matematika memberikan kontribusi sebesar 21,1% terhadap hasil belajar matematika siswa, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di luar pembahasan ini memberikan kontribusi sebesar 78,9%.
Kata Kunci: Sikap Belajar, Kecemasan Matematika, Hasil Belajar Matematika
This research aimed to determine learning attitude category, mathematic anxiety levels, and the effects of the learning attitude and mathematic anxiety on students learning achievement of 8th Grade SMP Negeri 9 Tarakan. This study was conducted on first semester academic year 2016/2017. This research was a quantitative research by using survey method. The samples of this research were 136 students, chosen by proportional stratified random sampling technique. Data collection techniques in this research were giving questionnaire and collecting documentation. The data were analyzed by descriptive statistics and multiple linier regression. The results of this research showed that learning attitudes category was generally in good category which is 41,18%. Mathematic anxiety category was generally at a high category which is 34,56%. The learning attitude and mathematic anxiety gave significant effects on mathematics learning achievement in 8th Grade SMP Negeri 9 Tarakan with regression equation showed Ŷ = 32,374 + 18,446 X1 – 5,686 X2. The coefficient of determination analysis showed that the variable of learnings attitude and mathematic anxiety gave 21,1% contribution toward students mathematics learning achievement, therefore other factors that influence students mathematics learning achievement gave 78,9% contribution. Keywords: Learning Attitude, Mathematic Anxiety, Mathematic Learning Achievement