
Deskripsi Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Ujian Akhir Semester (UAS) Genap Kelas X SMA Muhamadiyah Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Siti Devi Nurjanah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase daya serap berdasarkan materi matematika dalam Ujian Akhir Semester (UAS) Genap kelas X SMA Muhamadiyah Tarakan tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di SMA Muhamadiyah Tarakan. Metode pengumpulan data yang sesuai dengan penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa kelas X-1, X-2, X-3, X 4, X-5, X-6 berada pada kategori sangat rendah untuk materi logika matematika berturut-turut 26%, 22%, 31%, 24%, 24%, 31%, dan 35%. Lalu pada materi trigonometri, daya serap siswa kelas X-1, X-2, X-3, X-4, X-5, X-6 berturut-turut 25%, 28%, 25%, 30%, 23%, dan 27% berada pada kategori sangat rendah. Demikian pula dengan daya serap siswa kelas X-1 pada materi bangun ruang berda pada kategori sangat rendah dengan persentase 35%. Sedangkandaa serap pada materi bangun ruang siswa kelas X-2, X-3, X-4, X-5, X-6 berada pada kategori rendah dengan persentase berturut-turut 46%, 41%, 47%, 43%, dan 47%.
Kata Kunci: Daya Serap, UAS
The aim of this research was to description percentage of comprehension based to mathematic matter of last semester test of 10th grade student SMA Muhamadiyah Tarakan academic year 2015/2016. The type of research used in descriptive kuantitative. This research was conducted in second semester 0f 2015/2016 academic year in SMA Muhamadiyah Tarakan. The data collection was done by using documentation. The data was analyzed by using descriptive analysis techniques. Based on the result showing that percentage of average comprehension student at X-1, X-2, X-3, X-4, X-5, X-6 on lower level to mathematic logic matter of with percentage are 26%, 22%, 31%, 24%, 31%, dan 35%. Than like to trigonometri matter, comprehension of student at X-1, X-2, X-3, X-4, X-5, X-6 on lower level with percentage are 25%, 28%, 25%, 30%, 23%, dan 27%. And than like to comprehension of student at X-1 on geometry matter on lower level with percentage 35%. While average comprehension student at X-2, X-3, X-4, X-5, X 6 geometry matter on low level with percentage are 46%, 41%, 47%, 43%, and 47%. Keywords: Comprehension, UAS