Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X IPA SMAN 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X IPA SMAN 2 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X IPA SMAN 2 Tarakan

Pengarang : Sardimansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental research dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 2 Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol, Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 22.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematika kelas eksperimen adalah 49,34 dan rata-rata pemahaman konsep matematika kelas kontrol adalah 40,31. Hasil analisis uji independent sample t test pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,013. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,013 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi secara signifikan dari pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas X IPA SMA Negeri 2 Tarakan (model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa Kelas X IPA SMAN 2 Tarakan).

Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), Pemahaman Konsep Matematika

The objective of this study is to find out the effect of Cooperative Learning type Numbered Heads Together toward mathematic students’ concept understanding at the 10th Science Department of SMA Negeri 2 Tarakan. This study was conducted at SMA Negeri 2 Tarakan. The type of this study is Quasi experimental research by nonequivalent control group design. The population of this study is all the 10th Science Department of SMA Negeri 2 Tarakan. The sample of this study is X IPA 2 as an experimental class and X IPA 4 as a control group. The sample was taken by using Purposive sampling. This study used test in collecting the data. The data was analyzed by using statistic analyzed with the help of SPSS software 22.0 version for windows. The result of descriptive analyze show that the means of mathematic students’ concept understanding for experimental class is 49,34 and the means of mathematic students’ concept understanding of control class is 40,31. based on the independent sample t-test analyze result with 5% of significant level (a = 0,05) obtained p-value is 0,013. Therefore, it can be seen that 0,013 < 0,05. It means that H0 was rejected, it can be concluded that the means of mathematic students’ concept understanding taught by using cooperative learning type numbered heads together was significantly high than the means of mathematic students’ concept understanding taught by conventional way at the 10th science Department of SMA Negeri 2 Tarakan (cooperative learning type numbered heads together had an effect on mathematic students’ concept understanding 10th science Department of SMA Negeri 2 Tarakan). Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Mathematic Concept Understanding

Detail Informasi