
Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Sahril - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran The Power Of Two terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X di SMK Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental (ekperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 2 Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas X (Listrik) sebagai kelas eksperimen dan X (TKR- 1) sebagai kelas kontrol, Sampel penelitian diambil dengan teknik Probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematika kelas eksperimen adalah 69,28 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematika kelas kontrol adalah 57,37. Hasil analisis uji independent sample t-test pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran The Power Of Two lebih tinggi secara signifikan dari rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas X SMK Negeri 2 Tarakan (strategi pembelajaran The Power Of Two berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMK Negeri 2 Tarakan)
Kata Kunci: The Power Of Two, Kemampuan Komunikasi Matematika
This research aims to study the effects of learning strategy The Power of Two to the ability of matematical communication at the Ten Grade Students of SMKN 2 Tarakan. The research was conducted at SMKN 2 Tarakan. The type of research is a quasi experiment with nonequivalent control group design. The population of this research is all of the Ten grade classes of SMKN 2 Tarakan. The sample of this research are class X (Listrik) as a experiment class and X (TKR-1) as a control class. The sampling technique was Probability sampling. The data collection was conducted by test. The technique of data analysis was used are decriptive and inferential analysis. Descriptive analysis included the mean and standar deviation. Inferential analysis used test analysis the independent sample t-test with software SPSS version 16.0 for windows. The result of descriptive analysis showed that the average of ability mathematical communication of experiment class was 69.28 and average of ability mathematical communication of control class was 57.37. The result of test analysis independent sample t-test of a right hand with significant level of 5% (a = 0.05) was obtained p-value of 0.000 and 0.000 < 0.05. Thus, Ho refused and Ha accepted, so it can be concluded that the average of ability mathematical communication of students to use the learning strategies The Power of Two higher significantly than the average of ability mathematical communication students to use the conventional learning model at Ten grade of SMKN 2 Tarakan (learning strategy The Power of Two significanly effected to the ability of mathematical communication at Ten grade students of SMKN 2 Tarakan. Keywords: The Power Of Two, The Ability of Mathematical Communication