MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII-C DI SMP NEGERI 5 TARAKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI
MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII-C DI SMP NEGERI 5 TARAKAN

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII-C DI SMP NEGERI 5 TARAKAN

Pengarang : Arni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilaksanakan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca puisi menggunakan metode demontrasi pada siswa kelas VIII-C di SMP Negeri 5 Tarakan. Subjek penelitian siswa berjumlah 29 siswa. Penelitian PTK ini terdiri dua siklus, setiap satu siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu teknik penelitian kualitatif dan teknik penelitian kuantitaf. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar kognitif. Metode yang digunakan yaitu metode demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pada lembar pengamatan aktivitas siswa memperoleh hasil observasi 58% kategori kurang baik dan hasil kognitif siswa siklus I terdapat 29 siswa tidak tuntas dengan presentase 100% dan tidak ada siswa yang tuntas. Secara hasil analisis yang diperoleh pada siklus I belum mencapai indikator kerberhasilan yang telah ditentukan maka peneliti melakukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan bahwa lembar pengamatan aktivitas siswa memperoleh observasi 88% kategori sangat baik. Pada aspek kognitif terdapat 23 siswa memperoleh ketuntasan dengan presentase 79% dan siswa tidak tuntas terdapat 6 siswa sehingga dalam penelitian kemampuan hasil belajar membaca puisi pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 5 Tarakan siswa mengalami peningkatan.

Kata kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Membaca puisi, Demonstrasi

Classroom Action Research (PTK) is research conducted in the classroom. This study aimed to improve the learning outcomes of reading poetry using the demonstration method in class VIII-C students at SMP Negeri 5 Tarakan. The research subjects were 29 students. This classroom action research consisted of two cycles, each with 2 meetings. Each cycle included planning, implementation, observation, and reflection stages. Data collection techniques utilized observation, tests, and documentation. Data analysis techniques were qualitative and quantitative research techniques. The research instruments used were student activity observation sheets and cognitive sheets. The demonstration method was used as a learning method. Based on the results of research in cycle I on the student activity observation sheet, 58% of observation results were in the poor category, and for the cognitive results of students, 29 students were not complete with a percentage of 100% which means that no students were complete. According to the results of the analysis obtained in cycle I, it has not yet reached the predetermined success indicators, so the researchers made improvements in the next cycle. In cycle II, there was an increase in the student activity observation sheet obtained 88% observation in the very good category. In the cognitive aspect, 23 students obtained completeness with a percentage of 79%, and 6 students were not complete, meaning that in this study the ability of learning outcomes to read poetry in class VIII-C SMP Negeri 5 Tarakan students had an improvement. Keywords: improving learning outcomes, reading poetry, demonstration

Detail Informasi