Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMA Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMA Negeri 2 Tarakan

Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMA Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Ghina Fauziyyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Komunikasi merupakan kegiatan yang dipergunakan sehari hari dalam kehidupan. Komunikasi memiliki peranan penting didalamnya dan komunikasi didalam kehidupan merupakan hal yang tidak dapat kita hindari, khususnya untuk para individu pada masa penyesuaian atau peralihan. Upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling bertujuan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal agar siswa dapat berkomunikasi dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan instrumen penelitian menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (Miles dan Huberman, 2014). Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat tiga upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan komunikasi interpersonal yaitu dengan upaya memberikan layanan klasikal, pencegahan dengan pemberian layanan klasikal secara rutin guna meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi serta mengantisipasi terjadinya penurunan terhadap siswa, dan penanganan dengan pemberian bimbingan individual, hal tersebut dilakukan jika siswa yang telah mengikuti bimbingan tidak menujukan perubahan yang baik.

Kata Kunci: Upaya, Komunikasi Interpersonal, Layanan Klasikal

Everyday living consists of communication. It is mostly related to communication; we cannot avoid it, particularly for those in the adjustment or transition period. Therefore, the efforts of guidance and counseling teachers are meant to improve interpersonal communication so that students may communicate effectively. Descriptive qualitative research is the method of study applied, while documentation and interviews form the research tools. Data collection, reduction, presentation, and conclusion drawing form the data analysis technique applied (Miles and Huberman, 2014). The study's findings revealed that guidance and counseling teachers make three efforts to improve interpersonal communication: providing classical services, providing classical services regularly to enhance students' ability to communicate and anticipate a decline in students, and providing individual guidance when students who have followed guidance do not show positive changes. Keywords: Effort, Interpersonal Communication, Classroom Performance

Detail Informasi