Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Rini Rasmiyanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol, Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 22.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 63,11 dan skor rata-rata pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol adalah 39,53 Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh nilai signifikan (1-tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Pemahaman Konsep Matematika

The objective of this study is to find out the effect of cooperative learning Model Numbered Heads Together (NHT) type towards student’s Mathematic Conceptual Understanding in the Eight Grade Students of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. The type of this study is Quasi experimental, research by posttest only control design. The population of this study is all the eight grade classes of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. The sample of this study are VIII-C as an experimental class and VIII-B as a control class. The sample’s were taken by using simple random sampling. Test was used to collect the data. The data was analyzed by using descriptive and inferential statistics. The result of descriptive analysis show that the mean of mathematic conceptual understanding of mathematic for experimental class is 63,11 and the mean of mathematic conceptual understanding of control class is 39,53. While, the independent sample t-test obtained significan value (1 - tailed) is 0,000. It means that H0 was rejected. It can be concluded that Cooperative Learning Model Numbered Heads Together (NHT) Type had affected the students’ Mathematic Conceptual Understanding of Eight Grade Students at SMP Muhamadiyah 2 Tarakan. Keywords: Cooperative Learning Model Numbered Heads Together (NHT) Type, Mathematic Concept Understanding

Detail Informasi