
Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Rika Nur Puspadewi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan koneksi matematika siswa kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan, serta untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran CTL terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di SMP Negeri 7 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-1 dan kelas IX-3. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan koneksi matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial meliputi uji asumsi prasyarat dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh tingkat kemampuan koneksi matematika siswa kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan pada umumnya berada pada kategori cukup yaitu sebesar 48,33%. Model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan denganthitung sebesar 4,465 dan nilai signifikan < 0,05 yakni sebesar 0,000.
Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematika, Contextual Teaching and Learning
The aims of this research were to know the level of mathematic connection skill of Grade 9 th Students of SMP Negeri 7 Tarakan, and to find the effect of CTL learning model on mathematic connection skill of grade 9 th students of SMP Negeri 7 Tarakan. The research was held in the first semester of 2016/2017 at SMP Negeri 7 Tarakan. The type of research was quasi experiment with nonequivalent control group design. The population of this research were all Grade 9 th classes of SMP Negeri 7 Tarakan. The sampling was done by using simple random sampling. The sample of this research were class IX-1 and IX-3. The data were collected by using mathematic connection skill test. The data were analyzed by descriptive and inferential analysis. The descriptive analysis covered the arithmetic mean and standard deviation. The inferential analysis covered prerequisite assumption analysis and hypothesis test. Based on the result of analysis, it can be known that mathematic connection skill of grade 9 th of SMP Negeri 7 Tarakan was in moderate category with 48.33%. It can be concluded that the using of CTL (Contextual Teaching and Learning) learning model has an effect on mathematic connection skill of grade 9 th students of SMP Negeri 7 Tarakan with = 4.465 and significance test 0.000 < 0.05. Keywords: Mathematic Connection Skill, Contextual Teaching and Learning