
Identifikasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Rico Ardiansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol, Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 22.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 63,11 dan skor rata-rata pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol adalah 39,53 Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh nilai signifikan (1-tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Pemahaman Konsep Matematika
The objectives of the research (1) to know the level of mathematic intelligent of the male students (2) to know the level of mathematic intelligent of the female students. This is the descriptive research. The research held on the second semester in academic year 2015/2016 . The population of this research are of the students at SMP Negeri VII Tarakan. Sample of this research was chosen by using proportionate stratified random sampling. The sample in this research are 128 students that consist of 64 male students and 64 female students chosen randomly from every class. The data collecting used the mathematic intelligent skill test. The data analysis technique used descriptive. Based on the research result, shows that (1) mathematic intelligent skill of the male students in the high category with the total of student 1 or 1.56 %, in the low category with the total of students 2 or 3,12%, in the low category 39 students or 60,94%, in the low category 10 students or 15,63%, in the low category 12 students or 18,75%. (2) mathematic intelligent skill of the female students in the very high category with the total student 1 student or 1,56%, in the high category 6 students or 9,38%, in the medium category 30 students or 46,88%, in the low category 21 students or 32,82%, in the very low category 6 students or 9,36%. Keywords: Mathematic Intelligent Skill, Male, Female