
Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Patmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran project based learning dan problem based learning ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah ekperimen murni (true eksperiment) dengan desain penelitian the-pretest post-test two treatment group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan tahun Ajaran 2015/2016, dan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen satu dan VII-8 sebagai kelas eksperimen dua. Teknik pengambilan sampel mengunakan Sampling Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket motivasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial mengunakan bantuan software SPSS 16.0 for windows teknik analisis mengunakan uji Independent sample t-test. hasil analisis diperoleh nilai sig 0,000 kurang dari 0,05.
Berdasarkah hasil analisis dapat disimpulkan bahwa rata-rata motivasi belajar matematika siswa mengunakan model problem based learning lebih baik dari pada project based learning.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Motivasi Belajar Matematika
The purpose of this research to find out. Learning design project based learning and problem based learning review from math study motivation student class VII public junior high school Tarakan. This kind research is pure experiment (true experiment) with research design the pretest-post-test two treatment group design. Population in this research is all student class VII-4 as the first experiment class and VII-8 as the second experiment class. Sampling technique used sampling Purposive. Data analysis use help software SPSS 16.0 for windows analysis technique test using Independent Sample t-Test result of the analysis obtained value sig 0,000 less than 0,05. Based result ot the analysis can be concluded that the average students’ motivation to learn math using design Problem Based Learning better than Project Based Learning. Keywords: Learning Design Project Based Learning, Learning Design Problem Based Learning, Math Study Motivation