Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan

Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Nur Halimah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi tingkat disiplin belajar dan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; pengaruh disiplin belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp 1 negeri tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel penelitian ini adalah 177 siswa yang terdiri dari 12 kelas yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket dan memberikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar yang paling dominan terdapat pada tingkat tinggi sebesar 37,85% dan kemampuan berpikir kreatif matematis yang paling dominan terdapat pada tingkat kurang 51,98%. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan terdapat pengaruh disiplin belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikan 0,000 dan terdapat pengaruh disiplin belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan sebesar 16,9%, dengan persamaan regresi = 1,051+0,421X1 +0,016X2.

Kata Kunci: Disiplin Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Hasil Belajar Matematika

This study aims to determine the description of levels of the learning discipline and the levels of mathematical creative thinking ability; the effects learning discipline and mathematical creative thinking ability of mathematical learning outcomes student grade 8th SMP Negeri 1 Tarakan. The type of research is quantitative research with survey method. The samples were 177 students from 12 classes were taken by proportionate stratified random sampling technique. Data collection techniques were distribution questionnaires and testing on mathematical creative thinking ability. Data were analyzed using descriptive statistics and multiple linear regression. The results showed that the most dominant learning discipline was in the high level as 37.85% and mathematical creative thinking ability was in low level as 51.98%. There are 0,000 significant effects of learning discipline and mathematical creative thinking ability on mathematical learning achievement as 16,9%, in the regression equation = 1,051+0,421X1 +0,016X2. Keywords: Discipline Learning, Creative Thinking Skills Mathematical, Mathematics Learning Outcomes

Detail Informasi