
Pengaruh Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Bimbingan Belajar Terhadap Nilai Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Siswa SMP Di Kota Tarakan
Pengarang : Muhammad Satrio Pradana Suryadi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kategorisasi motivasi siswa dalam mengikuti bimbingan belajar di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Tarakan 2) apakah ada pengaruh motivasi intrinsik siswa terhadap hasil UN matematika 3) apakah ada pengaruh motivasi ekstrinsik siswa terhadap hasil UN matematika 4) apakah ada pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik siswa terhadap hasil UN matematika.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP LBB Primagama Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunkanan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik analisis deskriptif yang digunakan adalah rata-rata dan simpangan baku. Teknik analisi inferensial yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis dengan tingkat signifikan 5%, dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa tinggi, yang dibuktikan dengan nilai rata-rata masing-masing 4,03 dan 4,05. Terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi intrinsik terhadap nilai UN matematika, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000,05. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap nilai UN matematika, yang dibuktikan dengan niai signifikansi 0,00 < 0,05. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan motivasi ekstrinsik terhadap nilai UN matematika, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,528 > 0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap nilai UN matematika, yang dibuktikan dengan niai signifikansi 0,00 < 0,05.
Kata Kunci: Pengaruh, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Nilai Ujian Nasional
The aim of this research were to know: 1) the categorization of student’s motivation in joining Primagama Tarakan Course 2) the effect of student’s intrinsic motivation on mathematic national exam result 3) the effect of student’s extrinsic motivation on mathematic national exam result 4) the effect of student’s intrinsic motivation and extrinsic motivation on mathematic national exam result. The type of research was quantitative research with survey method. The population of this research were all 9th grade junior high school students of Primagama Tarakan Course. The sampling was done by using simple random sampling. The data were collected by using questionnaire and documentation of students’ national exam result. The data were analyzed by using descriptive and inferential analysis. The descriptive analysis covered the arithmetic mean and standard deviation. The inferential analysis was multiple regression analysis. Based on the result of analysis with significance level of 5%, it can be concluded that the level of student’s intrinsic and extrinsic motivation were high, this was indicated by each mean 4,03 and 4,05. There was significant positive effect of intrinsic motivation on mathematic national exam result, this was indicated by significant result 0,000,05. There were significant positive effects of intrinsic and extrinsic motivation on mathematic national exam result, this was indicated by significant result 0,00 < 0,05. There was no significant effect of extrinsic motivation on mathematic national exam result, this was indicated by significant result 0,528 > 0,05. There were significant positive effects of intrinsic and extrinsic motivation on mathematic national exam result, this was indicated by significant result 0,00 < 0,05. Keywords: Effect, Intrinsic Motivation, Extrintic Motivation, National Exam Result