Pengaruh Gaya Belajar Dan Sikap Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Gaya Belajar Dan Sikap Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan

Pengaruh Gaya Belajar Dan Sikap Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan

Pengarang : Mita Paramita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika, pengaruh sikap terhadap hasil belajar matematika dan pengaruh interaksi antara gaya belajar dan sikap terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Hang Tuah Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai p-value 0,707, sikap berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai p-value 0,012, dan interaksi antara gaya belajar dan sikap terhadap hasil belajar matematika tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMA Hang Tuah Tarakan dengan nilai p-value 0,824.

Kata Kunci: Gaya Belajar, Sikap, Hasil Belajar Matematika

This aim of this study is to investigate the effect of learning styles on mathematics learning outcomes, effect of attitudes on mathematics learning outcomes, and the effect of the interaction between learning styles and attitudes towards mathematics learning outcomes of Class XI Students in SMA Hang Tuah Tarakan. This research wasa quantitative research by using survey method. The population in this study were all of class XI students in SMA Hang Tuah Tarakan. Sampling was done by stratified random sampling technique. Data collection techniques used in this study were questionnaires distribution and documentation collection. Data were analyzed using descriptive and inferential statistics. Descriptive analysis covering the arithmetic mean and standard deviation. Inferential analysis using analysis of two lanes variance. Based on the analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that learning styles do not affect the results of learning mathematics with p-value of 0.707, attitudes influence mathematics learning outcomes with p-value of 0.012, and the interaction between learning styles and attitudes towards mathematics learning outcomes do not affect the results of learning mathematics of class XI students in SMA Hang Tuah Tarakan with p-value 0.824. Keywords: Learning Styles, Attitudes, Learning Outcomes Mathematics

Detail Informasi