
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Kelas V-B Di SDN 033 Tarakan
Pengarang : Yulin Amba Salu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas V-B SDN 033 Tarakan.
Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Yang Dilaksanakan Di SDN 033 Tarakan Pada Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas V-B SDN 033 Tarakan Yang Berjumlah 34 Siswa Dengan Siswa Laki-Laki 13 Siswa Dan Perempuan Berjumlah 21 Siswa. Penelitian Ini Dilaksanakan 2 Siklus Setiap Siklus Terdiri Dari 2 Kali Pertemuan. Prosedur Tiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Data Yang Diperoleh Dalam Penelitian Ini Meliputu Lembar Observasi Kegiatan Siswa, Lembar Observasi Guru, Penilaian Aspek Kognitif (Tes Hasil Belajar), Aspek Afektif ( Teliti Kerjasama Kelompok, Dan Tanggung Jawab), Dan Aspek Psikomotorik.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dapa Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas V-B SDN 033 Tarakan. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Hasil Yang Diperoleh Pada Setiap Siklus, Pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif 35% Pada Siklus II Meningkat Menjadi 85%. Pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Aspek Afektif 88% Pada Siklus II Meningkat Menjadi 100%. Kemudian Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Aspek Psikomotorik 79% Pada Siklus II Meningkat Menjadi 100%. Maka Dapat Dikatakan Bahwa Penelitian Sudah Berhasil Dan Sesuai Dengan Indicator Keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Siswa
The Research Object Is To Improve Mathematic Achievement In Understanding Sell- By Applied Cooperative Tye Eng Learning Model For V-B Grade Students Of SDN 033 Tarakan. This Research Method Is Classroom Action Research That Was Do At SDN 033 Tarakan On Se Semester In Academic Year 2016/2017. This Research Subject Is The Students Of V-B Grade Of SDN 033 Tarakan Contain 34 Students, With 13 Male Students, And 21 Female Students. This Research Was Do In 2 Cycle, Each Cycle Contained 2 Meetings. The Research Procedure Of Each Cycle Is Plaining, Action, Observation, And Reflecting. The Data Was By Observation Sheet Of Student, Observation Sheet Of Teacher, Cognitive Aspect Score (Result Tes), Affective Aspect (Group in, And Responsibility) And Psychomotoric Aspect. The Research Shown That By Applied Cooperative NHT Learning Model Can Improved Student’s Mathematic Achievement To Understand The Of V-B Grade Students Of SDN 033 Tarakan. It Can Be Seen By The Result Of Each Cycle In Cycle I Students Cognitive Aspect Was 35% In Cycle II Was Improved Become 85%. In Cycle I Students Affective Aspect Was 88% In Cycle II Was Improved Become 100%. Then In Cycle I Pschymotoric Aspect Was 79% In Cycle II Was Improved Become 100%. So, It Can Be Concluded That This Research Was Success And Appropriate With Succeed Indicator. Keywords: Learning Result, Cooperative Type NHT Learning Model, Student