Pengaruh Percaya Diri Dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Percaya Diri Dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Percaya Diri Dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Luluk Dita Muria Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: tingkat kategori percaya diri; tingkat kategori sikap belajar; pengaruh percaya diri dan sikap belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel penelitian ini adalah 270 siswa yang diambil dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa kategorisasi percaya diri pada umumnya berada pada kategori rendah sebesar 45,39%. Kategorisasi tingkat sikap belajar pada umumnya berada pada kategori baik sebesar 38,82%. Percaya diri dan sikap belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan dengan persamaan regresi menunjukkan Ŷ = 14,119 + 0,127X1 + 0,142X2. Hasil analisis pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel percaya diri dan sikap belajar memberikan kontribusi sebesar 15,4% terhadap hasil belajar matematika siswa, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa diluar pembahsan ini memberikan kontribusi sebesar 84,6%.

Kata Kunci: Percaya Diri, Sikap Belajar, dan Hasil Belajar Matematika

This study aims to determine: levels of self-confidence category; levels of learning attitude category; the effect of self-confidence and learning attitude towards Mathematics Learning Outcomes of Class XII students in SMAN 3 Tarakan. The research was conducted in the odd semester of the academic year 2016/2017. The type of research used is quantitative research with survey method. The sample was 270 students drawn by stratified random sampling. Data collection techniques in this study were questionnaires distribution and documentation collection. Data were analyzed using descriptive statistics and multiple linear regression with SPSS 16.0 for Windows. The results of the study indicate that the categorization of self-confidence in general are in a lower category by 45.39%. Categorization level of learning attitude in general are in good category as 38.82%. Confidence and learn attitudes have a significant influence on the results of Mathematics Learning Outcomes of Class XII students in SMAN 3 Tarakan with regression equation shows Ŷ = 14,119 + 0,127X1 + 0,142X2. Results of determination coefficient test analysis showed that the variables of self-confidence and learning attitude contributed 15.4% to the results of students’ mathematics Learning Outcomes, so that factors that affect the results of students' mathematics learning Outcomes beyond the scope of this study is 84.6%. Keywords: Self-Confidence, Learning Attitude, and Mathematics Learning Outcomes

Detail Informasi