
Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Kurnia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran “Teams Games Tournament (TGT)” terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di SMP Negeri 9 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan, yaitu kelas VIII-1 hingga kelas VIII-8 dengan jumlah siswa 246, yang terdiri dari 121 siswa laki-laki dan 125 siswa perempuan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen di SMP Negeri 9 Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket motivasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung, varians dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis uji t.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Sebelum perlakuan kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan setara atau memiliki kemampuan yang sama dari hasil pengujian beda dua pihak diperoleh nilai signifikan 0,547, dan setelah perlakuan dengan pengujian pihak kanan terlihat bahwa nilai signifikansi 0,000.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar Matematika Siswa
This study aims to determine the effect of learning model "Teams Games Tournament (TGT)" on motivation to learn math class VIII SMP Negeri 9 Tarakan. The research was conducted in the second semester of the school year 2015/2016 in SMPN 9 Tarakan. This type of research used in this study is a quasi experimental design with Nonequivalent Control Group Design. The population in this research is all class VIII SMP Negeri 9 Tarakan, namely VIII-1 to VIII-8 with a number of 246 students, which consisted of 121 male students and 125 female students. Samples were taken by simple random sampling. The sample in this research is class VIII-7 as the control class and VIII-3 as the experimental class in SMP Negeri 9 Tarakan. The data collection is done by the students' mathematics learning motivation questionnaire. Data were analyzed using descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis covering the arithmetic mean, variance and standard deviation. Inferential analysis using t test analysis. Based on the analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that the learning model teams Games Tournament (TGT) effect on student motivation. Before the second class treatment that is experimental class and control class otherwise equivalent or have the same capabilities of two different test results obtained by the significant value of 0.547, and after treatment with the right party testing shows that the significant value of 0.000. Keywords: Learning Model, Teams Games Tournament (TGT), Math Learning Motivation