Pengaruh Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMPK Tunas Kasih Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMPK Tunas Kasih Tarakan

Pengaruh Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMPK Tunas Kasih Tarakan

Pengarang : Kristina Helena Maku Fera - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMPK Tunas Kasih Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPK Tunas Kasih Tarakan sebanyak 61 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh di mana semua populasi dijadikan sampel yakni kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 22.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen adalah 106,55 dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol adalah 78,61 untuk skor maksimal 170. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% ( = 0,05) menunjukkan p-value sebesar 0,000. Dengan demikian ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPK Tunas Kasih Tarakan.

Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

This research aimed to know the effect of AIR model towards students mathematical problem solving ability. This research was conducted on the even semester in academic year 2015/2016 of SMPK Tunas Kasih Tarakan. The type of this research is quasi-experiment research. The population of this research was all the students at grade VII of SMPK Tunas Kasih Tarakan which consisted of 61 students. The sample was taken by using saturated sampling technique where all member of population was used as a sample that was class VII-B was as the experimental group and class VII-A was as the control group. The technique used in collecting data was a problem solving ability test in essay form. The data was analyzed by using descriptive statistic and inferential statistic with independent sample t-test helped by SPSS software 22.0 version for window. The result of descriptive analysis showed that the mean score of mathematical problem solving ability of experimental group was 106,55 and control group was 78,61 for maximum score of 170. While based on the independent sample t-test result with significance level value 5% ( = 0,05) showed that p-value was 0,000. Thus, was rejected and was accepted, therefore it can be concluded that AIR models is effective towards mathematical problem solving ability of grade VII students of SMPK Tunas Kasih Tarakan. Keywords: Auditory Intellectually Repetition (AIR), Mathematical Problem Solving Ability

Detail Informasi