Keefektifan Model Quantum Teaching Dipadukan Dengan Metode Drill Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Keefektifan Model Quantum Teaching Dipadukan Dengan Metode Drill Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Keefektifan Model Quantum Teaching Dipadukan Dengan Metode Drill Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Joko Pujiastopo - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: keefektifan model pembelajaran quantum teaching dipadukan dengan metode drill terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.
Desain penelitian ini adalah desain Posttest Only Control Design yang melibatkan dua kelompok yang dipilih secara random yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dan kelompok yang lain tidak. Pada kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran quantum teaching dipadukan dengan metode drill, dan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan diskusi.
Data analisis menggunakan one sample t-test dengan bantuan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Model Quantum Teaching dipadukan dengan metode drill efektif terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Kefektifan dari model quantum teaching dipadukan dengan metode drill dilihat dari hasil uji one sample t-test yaitu thitung (0,193) < ttabel (2,0423). Hal ini juga didukung oleh rata-rata pemahaman konsep siswa yang menggunakan model quantum teaching dipadukan dengan metode drill berada pada kualifikasi tinggi yaitu 75.

Kata Kunci: Quantum Teaching, Drill, Pemahaman Konsep

This study aims to determine: the effectiveness of quantum teaching model combined with drill methods to the understanding of mathematical concepts for grade VII junior high school muhammadiyah 2 tarakan. This study design is Posttest Only Control Design involving two randomly selected groups namely experimental group and the control group. The experimental group was given treatment and the other group did not. In the experimental group using quantum teaching model combined with drill method, and in the control group using conventional lectures and discussions. Data analysis using one sample t-test with SPSS version 22.0. The results showed that: Quantum Teaching Model combined with drill method effectively to understanding math concepts for students of class VII junior high school Muhammadiyah 2 Tarakan. The effectiveness of the quantum teaching model combined with drill method seen from the test results of one sample t-test is tvalue (0,193) < ttable (2.0423). It is also supported by the average percentage of students understanding of the concept who use the quantum teaching model combined with drill method is the high qualification that is 75. Keywords: Quantum Teaching, Drill, Understanding Concepts

Detail Informasi