
Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan
Pengarang : Irviana Agustina Putri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.
Penelitian ini dilaksanakan tanggal 11 Mei sampai dengan 30 Mei 2015 di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan tahun pembelajaran 2014-2015. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumen. Data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan SPSS 16.0.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: hasil uji independent sample t-test mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,003. Sehingga dapat dilihat bahwa sig ≤ 0,05, maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.
Kata Kunci: Efektivitas, Two Stay Two Stray (TSTS), Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa
This research aims to determine whether the learning by used the learning model type Two Stay Two Stray (TSTS) is more effective than conventional learning to mathematics communication skills of eighth grade student of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. The research was conducted on May 11 until May 30th 2015 at SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Type of this research is quasi-experimental research with research design used in this research are Posttest-Only Control Group Design. The research population was all students of eighth grade of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan academic years 2014/2015. Samples were taken used cluster random sampling technique. Samples in this research were class VIII-A as the experiment class by used the learning type Two Stay Two Stray (TSTS) and VIII-B as the control class used conventional learning. Data collection technique in this research used test and document. Data were analyzed using statistical analysis with SPSS 16.0. The result showed that: the test results in independent sample t-test have a significance value as big as 0.003. So it can be seen that the sig ≤ 0.05, H0 is rejected. Based on the results of the analysis it can be concluded that the learning type Two Stay Two Stray (TSTS) is more effective than conventional learning to mathematics communication skills of eighth grade student of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Keywords: Effectiveness, Two Stay Two Stray (TSTS), Conventional Learning, Students’ Mathematics Communication Skills