
Pengaruh Tanggung Jawab Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP IT Ulul Albab Tarakan
Pengarang : Iksan Arfan Atasoge - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat tanggung jawab belajar, tingkat hasil belajar matematika, pengaruh tanggung jawab belajar matematika siswa kelas IX SMP IT Ulul Albab terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IX SMP IT Ulul Albab Tarakan.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP IT Ulul Albab Tarakan sejumlah 33 orang. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tanggung jawab belajar siswa kelas IX SMP IT Ulul Albab Tarakan pada kategori sangat bertanggung jawab sedangkan hasil belajar siswa kelas IX SMP IT Ulul Albab Tarakan pada kategori sedang. Rata-rata tanggung jawab belajar adalah 3,32 dan rata-rata hasil belajar matematika adalah 63,73. Hasil analisis regresi linear menunjukkan persamaan regresi yang signifikan yaitu Ŷ = -56,69 + 37,28x dan koefisien determinasi yang dihasilkan adalah 0,806. Sehingga tanggung jawab belajar memberikan pengaruh sebesar 80,6% terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Tanggung Jawab Belajar, Hasil Belajar Matematika
This study aims to determine the levels of learning responsibility, the levels of mathematics learning outcomes and the effect of learning responsibility on mathematics learning outcomes in grade IX SMP IT Ulul Albab Tarakan. This research is a quantitative research. The population in this study were all students of grade IX SMP IT Ulul Albab Tarakan as many as 33 students. The data were collected by using questionnaires and documentation. Data Analysis Techniques were descriptive analysis and simple linear regression analysis. The result of descriptive analysis showed that the learning responsibility was in the category of very responsible, mathematics learning outcomes of students in grade IX SMP IT Ulul Albab Tarakan was in the moderate category. Mean of learning responsibility was 3,32 and the mean of mathematics learning result was 63,73. The results of simple linear regression showed the equation Y = -56,69 + 37,28x, and the determination coefficient was 0,806. Therefore, the responsibility for learning responsibility gave 80,6% effect on mathematics learning outcomes. Keywords: Responsibilities Learning, Mathematics Learning Outcomes