
Pengaruh Pendekatan Saintifik Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Herfa Noor Azizah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa kelas Xmipa di SMA Negeri 1 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan Posttest-Only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2016 - 28 Maret 2016 di SMA Negeri 1 Tarakan. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling (sampling purposive) yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penilaian ini menggunakan tes uraian untuk hasil belajar ranah kognitif, lembar observasi dan penilaian diri untuk hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan dalam 5 kali pertemuan.
Hasil penelitian ditunjukkan bahwa uji hipotesis data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan uji statistik independent samples test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,158 > 1,9997. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung > t tabel. Artinya, hasil belajar matematika kelas Eksperimen lebih besar dari hasil belajar kelas kontrol. Maka hal ini menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Tarakan.
Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Hasil Belajar
This study aimed to determine the Influence of Scientific Approach of Learning Cycle 5E Model on Students’ Achievement at Tenth Grade Students’ of MIPA in SMA Negeri 1 Tarakan. The design of this research was true experimental design with Posttest-Only Control Design. This study was conducted on March 2, 2016 - March 28, 2016 at SMAN 1 Tarakan. Samples were taken using a non-probability sampling technique (purposive sampling) were divided into two classes, namely class X MIPA as an experimental class 1 and class 2 X MIPA as the control class. Technique of data collection in this research was using the test description for the results of cognitive learning, observation and self-assessment sheet for the results of the affective and psychomotor learning. This experimental study was conducted in 5 meetings. The results showed that the hypothesis test data which had been conducted by researcher using statistical test of independent samples test that was obtained t hitung > t table was 4.158 > 1.9997. Therefore, Ho was rejected and Ha was accepted because t hitung > t tabel. It means that the result of math subject in experiment class was higher than the results of control class. Then it indicated that there was influence of scientific approach of Learning Cycle 5E model on students’ achievement at tenth grade students’ of MIPA in SMA Negeri 1 Tarakan. Keywords: Learning Cycle 5E, Students Achievement