
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Hendra Pradinata - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran (Kooperatif tipe Think Pair Share dan konvensional) terhadap hasil belajar matematika; (2) pengaruh Aktivitas belajar siswa (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar matematika; (3) interaksi model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN 10 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desainfaktorial 2 × 2. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMP Negeri 10 Tarakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di SMP Negeri 10 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling sehinggadidapatkan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal uraian dan lembar observasi aktivitas belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan ANAVA dua jalur.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran (kooperatif tipe Think Pair Share dan konvensional) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, dilihat dari hasil uji ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung = 10,730 dan nilai P-value 0,002; (2) aktivitas belajar siswa (tinggi dan rendah) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, dilihat dari hasil uji ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung = 8,756 dan nilai P-value 0,004 ; dan (3) interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, dilihat dari hasil uji ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung= 4,800 dan nilai P-value 0,032.
Kata Kunci: Think Pair Share, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
This research aims to determine: (1) the effects of learning models (Cooperative Think Pair Share and convensional) application on the mathematic learning outcomes; (2) the effects of students learning activities (high and low) on mathematics learning outcomes; (3) interaction of the effects learning models and learning activities on mathematics learning outcomes at eight grade students of SMPN 10 Tarakan. The research is a quasi experiment with factorial 2× 2 design. This research was held on the second semester of the academic year 2015/2016.The populationof this research is all of the seven grade classes of SMPN 10 Tarakan. The sampling technique was simple random sampling, so the class VII-2 for experiment classes and the class VII-1 for control classes. The data collection technique was conducted by test and observation. The date collection instuments was conducted by essay test and observation sheet activities. The technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis included the mean and standard deviation. Inferential analysis used the two way ANOVA. Based on the result of the analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that : (1) The learning models (Cooperative Think Pair Share type and Conventional) affect the ability of mathematics learning outcomes, as the ANOVA two way with Fcal = 10,730 and p-value0,002 ; (2) learning activities (high and low) affect the ability of mathematics learning outcomes with a value of Fcal = 8,756 and P-value of 0,004; (3) interaction among learning models (Cooperative Think Pair Share type and Conventional) and learning activities affect the ability of mathematics learning outcomes, as the ANOVA two way with Fcal = 4,800 and p-value 0,032. Keywords: Think Pair Share, Learning Activities, Learning Outcomes