Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengarang : Hasnita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di SMA Muhammadiyah Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol, Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 22.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen adalah 68,13 dan skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas control adalah 49,03 Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh nilai signifikan (1-tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Komunikasi Matematis

The objective of this study is to find out the effect of cooperative learning Model Numbered Heads Together (NHT) Type on the Ability of Mathematical Communication in the Ten Grade Students of SMA Muhammadiyah Tarakan. This research was held in the even semester in academic year of 2015/2016 in SMA Muhammadiyah Tarakan. The type of this study is Quasi experimental, research by posttest only control design. The population of this study is all the ten grade classes of SMA Muhammadiyah Tarakan. The sample of this study is X-1 as an experimental class and VIII-3 as a control class. The sample was taken by using simple random sampling. This study used test in collecting the data. The data was analyzed by using statistic analyze descriptive and inferential. The result of descriptive analysis show that the Means Value of mathematical students’ communication for experimental class is 68,13 and the Means Value of mathematical students’ communication of control class is 49,03. While, based on the independent sample t-test analyze result with 5% of significant level % (α = 0,05) obtained significant value (1 - tailed) is 0,000. It means that H0 was rejected. It can be concluded that Cooperative Learning Model Numbered Heads Together (NHT) Type had effected to the students’ Ability of Mathematical Communication of ten grade students at SMA Muhamadiyah Tarakan. Keywords: Cooperative Learning Model Numbered Heads Together (NHT) Type, Mathematical Communication

Detail Informasi