
Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Melalui Pendekatan Profil Kekuatan Dan Kelemahan Kemampuan Pada Suatu Bidang Kelas VII SMPN 10 Tarakan
Pengarang : Hary Bangkit Subagyo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan jenis – jenis kesulitan - yang dialami siswa SMPN 10 Tarakan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi operasi bilangan melalui pendekatan profil kekuatan dan kelemahan kemampuan pada suatu bidang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMP Negeri 10 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa yang terdiri dari kelas 1 kelas yaitu kelas VII-5. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik kesulitan siswa. teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan untuk tingkat kompetensi tertinggi pada penguasaan materi operasi bilangan bulat sebesar 75% dimiliki siswa sebanyak 1 siswa dan kompetensi tertinggi pada penguasaan materi operasi bilangan pecahan sebesar 66,67% dimiliki siswa sebanyak 1 siswa sedangkan untuk tingkat kompetensi terendah pada penguasaan materi operasi bilangan bulat sebesar 8,33% dimiliki siswa sebanyak 1 siswa dan untuk tingkat kompetensi terendah pada penguasaan materi operasi bilangan pecahan sebesar 75% dimiliki siswa sebanyak 4 siswa. Selain itu ditemukannya jenis – jenis kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan materi operasi bilangan yaitu (1) ketidakmampuan siswa dalam penguasaan konsep secara benar, (2) ketidakmampuan siswa mengartikan bahasa matematika, dan (3)ketidakcermatan siswa dalam melakukan operasi hitung.
Kata Kunci: Kesulitan, Identifikasi
The purpose of this study was to description the type of difficult of stuydent at SMP Negeri 10 to done mathematic test to number operation matter. The research was conducted in the second semester of the academic year 2015/2016 at SMPN 10 Tarakan. This type of research is descriptive quantitative. The population in this study were all students in class VII SMPN 10 Tarakan. Sampling was done by purposive sampling. The sample in this reserch is 34 students of class VII-5. The data collection is done by using diagnostic test difficulity student. data analysis techniques using qualitative analysis and quantitative analysis. The results show the high competency goes to comprehension matter real number operation matter is 75% student had 1 student and high competency goes to comprehension matter is 66,67% student had 1 student an d lower competency goes to real number comprehension matter is 8,33% student had is 1 person. And than to lower competency goes to number operation 75 % student had is 4 person. Except that, founded many type of difficulity student had to done number operation matter, that are: 1) unability student on comprehension concept. (2) unbility student to know mathematic language, and (3) uncorrect student to do counting operation. Keywords: Difficulity, Identification