
Identifikasi Kemampuan Number Sense Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Fitri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi kemampuan number sense siswa pada setiap indikator dalam menyelesaikan soal pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMP Negeri 8 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini 150 siswa yang terdiri dari kelas VII-1,VII-2, VII-4 DAN VII-5. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan number sense matematika siswa. teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan kategori kemampuan number sense matematika siswa sangat rendah dengan rata-rata 1,53 dari skala 4. Dengan rata rata setiap indikator sebagai berikut: 1) indikator pemahaman terhadap konsep dan besaran bilangan sebesar 1,56; 2) indikator pemahaman terhadap reprsentasi urutan bilangan sebesar 1,52; 3) indikator pemahaman terhadap pengaruh dari pengoperasian bilangan sebesar 1,52; 4) indikator pemahaman terhadap pernyataan setara sebesar 1,53; dan 5) indikator perhitungan dan strategi menghitung sebesar 1,50.
Kata Kunci: Number Sense, Identifikasi
The purpose of this study was to identify the students number sense ability in solving fractions problems at class VII SMPN 8 Tarakan. The research was conducted in the second semester of the academic year 2015/2016. This is a descriptive quantitative research. The population in this study were all students in class VII SMPN 8 Tarakan. Sampling was done by cluster random sampling. The sample in this study consisted of 150 students from class VII-1, VII-2, VII-4 and VII-5. The data collection is done by using number sense ability test. The data were analysed qualitative and quantitative descriptive analysis. The results show the students category number sense ability is very low with the mean 1,53 from scale 4. With the mean for the indicators as follow: 1) understanding of the concept and scale of numbers of 1.56; 2) represents understanding of the sequence of numbers of 1.52; 3) understanding of the influence of the operations of a number of 1.52; 4) understanding of similar statements by 1.53, and 5) calculations and compute strategies of 1.50. Keywords: Number Sense, Identification