Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Finchensya Linsa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2015 di SMP Negeri 10 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan sejumlah 219 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan VII-6 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematika kelas eksperimen adalah 135,68 dan rata-rata pemahaman konsep matematika kelas kontrol adalah 93,39. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) lebih tinggi secara signifikan dari rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan.

Kata Kunci: Course Review Horay (CRH), Pemahaman Konsep Matematika

This research aimed to determine the students understanding of mathematical concepts by applying Course Review Horay (CRH). This research was conducted from November until December 2015 at SMP N 10 Tarakan. This research is a quasi experimental research with posttest only control design. The population of this research is all of the seven grade students of SMP N 10 Tarakan as many as 219 students. The samples were taken by simple random sampling technique, divided into two classes VII-4 as an experiment class and VII-6 as a control class. Data analyzed by using descriptive and inferential of statistics independent sample t-test was done by SPSS 16.0 for windows. The result of descriptive analysis shows that the mean of mathematical concepts in the experimental class was 135,68 and the mean mathematical concepts of the control class was 93,39. The results of independent sample t-test with significance 5% (α = 0,05) obtained p-value of 0,000. Thus H0 was rejected and Ha was accepted, it can be concluded that the mean of the students understanding mathematical concepts by using Course Review Horay (CRH) learning was higher than the mean of the students understanding mathematical concepts by using conventional method in class VII SMP N 10 Tarakan. Keywords: Course Review Horay (CRH), Understanding Math Concepts

Detail Informasi