
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Dengan Bantuan Alat Peraga Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 7 Tarakan
Pengarang : Fadil Wahyudi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan bantuan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015 di SMP Negeri 7 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi. Sampel penelitian diambil dengan simple random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas control.
Berdasarkan kategori penilaian motivasi belajar siswa, ditunjukkan dengan hasil 50% siswa atau 17 siswa berada pada kategori motivasi sangat tinggi, 44,1% siswa atau 15 siswa berada pada kategori motivasi tinggi, dan 5,9% siswa atau 2 siswa berada pada kategori motivasi rendah kemudian hasil pengolahan data menggunakan uji hipotesis independent sample t test yang menggunakan uji beda dua pihak dan uji lanjutan didapat bahwa nilai signifikansi sebesar 0,032 < 0,05, karena nilai signifikan < 0,05 maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan bantuan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Alat Peraga, Motivasi Belajar Matematika
The aim of this research is to know the influence cooperative learning model type STAD (student team achievement division) with model instrument for students' motivation learning math the students grade VIII SMPN 7 Tarakan. This research carried on May 2015 at SMP Negeri 7 Tarakan. The type of this research is quasi experimental research. The design that used in this research is Nonequivalent Control Group Design. The instrument that used for collecting the data is motivation form. The research sample took with simple random sampling that consist of two classes that are VIII-2 grade as the experimental class and VIII-3 grade as the control class. Based on the assessment of categorize of students motivation in learning, it is shown by result 50% students or 17 students are categorized on the very high motivation, 44,1% students or 15 students are on the high motivation, and 5,9% students or 2 students are on the low motivation then the result of the data management used hypothesis independent sample t test that used two sides different side and continues test got the significance score 0,032 < 0,05 because the significance score < 0,05 so Ho is rejected. Based on that hypothesis can conclude that there is The influence of cooperative learning model type STAD with help by model instrument to the motivation of learning math on students grade VI II SMPN 7 Tarakan. Keywords: Learning Model Type STAD, Model Instrument, Motivation Learning Math