Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan

Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Edy Suprapto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar, tingkat kebiasaan belajar dan pengaruh disiplin belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan, yaitu kelas VIII-1 sampai dengan kelas VIII-11. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat disiplin belajar siswa berada pada kategori rendah sebesar 37%. Tingkat kebiasaan belajar berada pada kategori tidak baik sebesar 38%. Tingkat prestasi belajar matematika berada pada kriteria baik sebesar 63,5%. Disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Persamaan regresi sederhana menunjukkan Ŷ = 48,538 + 6,010 X1. Kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Persamaan regresi sederhana menunjukkan Ŷ = 47,694 + 6,883 X2. Hasil analisis pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel disiplin belajar memberikan kontribusi sebesar 2,7% dan variabel kebiasaan belajar memberikan kontribusi sebesar 2,8% terhadap prestasi belajar matematika siswa. Disiplin belajar dan kebiasaan belajar memberikan pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Persamaan regresi ganda menunjukkan Ŷ= 32,802 + 5,329 X1 + 6,137 X2. Hasil analisis pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel disiplin belajar dan kebiasaan belajar memberikan kontribusi sebesar 4,9% terhadap prestasi belajar matematika siswa. Sehingga faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa diluar pembahasan ini memberikan kontribusi sebesar 95,1% terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Disiplin Belajar, Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Matematika

This research aims to know the levels of Learning Discipline, the levels of Learning Habits and the effects of the Learning Discipline and Learning Habits on mathematic student achievement on eighth grade students of SMP Negeri 4 Tarakan. This research was conducted in 2015/2016 second semester. This study is a quantitative research with causal approach. The population of the study was all classes of eighth grade in SMP Negeri 4 Tarakan, from VIII-1 to VIII-11. The sample of the study was taken by Proportionate Stratified Random Sampling technique. The data collection in this study was using questionnare and documentation. The data were analyzed by simple regression linier and multiple analysis in SPSS 23.0 software for Windows. The findings showed that 37% of students were in category low discipline. 38% of students were in unfavorable condition of learning habits. 63,5% of Mathematic Students achievement were in good criteria. Learning discipline had a significant effect on mathematic student achievement on eighth grade students of SMP Negeri 4 Tarakan. The simple regresion showed Ŷ = 48,538 + 6,010 X1. Learning habits had a significant effect on mathematic student achievement on eighth grade students of SMP Negeri 4 Tarakan. the simple regresion showed Ŷ = 47,694 + 6,883 X2. The result of determination coefficient showed that learning discipline had 2,7% and learning habits had 2,8% contribution on mathematic student achievement. Learning discipline and the learning habits had significant effects on mathematic student achievement on eighth grade students of SMP Negeri 4 Tarakan. the multiple regresion equation showed Ŷ = 32,802 + 5,329 X1 + 6,137 X2. The result of determination coefficient showed that learning discipline and learning habits had 4,9% contribution on mathematic student achievement. Thus the other factors that were not in the research variables, had 95,1% contribution on mathematic student achievement. Keywords: Learning Discipline, Learning Habits and Student Achievement Of Math

Detail Informasi