Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menalar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menalar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menalar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Dewi Andriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran (Discovery Learning dengan Konvensional) terhadap kemampuan menalar matematika, kecerdasan emosional (tinggi, sedang dan rendah) terhadap kemampuan menalar matematika dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran (Discovery Learning dengan Konvensional) dengan kecerdasan emosional (tinggi, sedang dan rendah) terhadap kemampuan menalar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di SMP Negeri 1 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-11 dan VIII-12. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan menalar matematika dan kuesioner kecerdasan emosional. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (Discovery Learning dengan Konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan menalar matematika dengan nilai p-value 0,002, kecerdasan emosional (tinggi, sedang dan rendah) tidak berpengaruh terhadap kemampuan menalar matematika dengan nilai p value 0,115 dan interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap kemampuan menalar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan dengan nilai p-value 0,273.

Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Menalar Matematika, Kecerdasan Emosional

This research aims to study the effects of learning models (Discovery Learning and Conventional) to the ability of mathematical logical reasoning, the effects of emotional quotient (high, medium and low) to the ability of mathematical logical reasoning, and the interaction effect among learning models (Discovery Learning and Conventional) and emotional quotient (high, medium and low) to the ability of mathematical logical reasoning at the eight grade students of SMPN 1 Tarakan. This research was held on the second semester of the academic year 2015/2016 in SMPN 1 Tarakan. The research is a quasi experiment with 2 3 factorial design. The population of this research is all of the eight grade classes of SMPN 1 Tarakan. The sampling technique was simple random sampling. The sample of this research are class VIII-11 and VIII-12. The data collection was conducted by mathematical logical reasoning ability test and emotional quotient questionnaire. The technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis included the mean and standard deviation. Inferential analysis used the two way analysis of variance. Based on the result of analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that the learning models (Discovery Learning and Conventional) affected the ability of mathematical logical reasoning with p-value 0,002, emotional quotient didn’t affect the ability of mathematical logical reasoning with p-value 0,115, and interaction among learning models (Discovery Learning and Conventional) and emotional quotient (high, medium and low) didn’t affect the ability of mathematical logical reasoning at the eight grade students of SMPN 1 Tarakan with p-value 0,273. Keywords: Discovery Learning Model, The Ability of Mathematical Logical Reasoning, Emotional Quotient

Detail Informasi