Pengaruh Sikap Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Sikap Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengaruh Sikap Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Budianto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat sikap belajar, tingkat kebiasaan belajar, tingkat hasil belajar matematika, pengaruh sikap belajar, pengaruh kebiasaan belajar, serta pengaruh sikap dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal (sebab-akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 148 siswa. Sampel diambil dengan simple random sampling sebanyak 108 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Data dianalisis dengan metode statistika deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat sikap belajar siswa pada kategori baik sebesar 42,6%, tingkat kebiasaan belajar siswa pada kategori baik sebesar 54,6%,tingkat hasil belajar matematika dalam kategori tuntas sebanyak 57%, tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara sikap belajar terhadap hasil belajar dengan thitung=1,912 dan p-value 0,056, terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar dengan thitung= 2,456 dan p-value 0,016. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara sikap belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan, persamaan regresi ganda menunjukkan Ŷ = 39,464 + 0,234 X1 + 0,394 X2, hasil analisis pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa sikap belajar dan kebiasaan belajar memberikan kontribusi sebesar 25,2% terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Sikap Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar

The research objectives are to know the level of learning attitude , the level of learning habits , the levelof mathematic students achievement, the significance effect of learning attitude on mathematic students achievement, the significance effect of learning habits on mathematic students achievement, the significance effect of learning attitude and learning habits simultaneously on mathematic students achievement of seventh grade Students SMP Negeri 10 Tarakan. This study is a quantitative research with the causal approach (cause and effect). The population of the study was all classes of seventh grade SMP Negeri 10 Tarakan in academic years 2015/2016 for totally 148 student. Samples, as many as 108 students were taken by simple random sampling. Instrument of the research was questionnaire. Data were analysized by descriptive statistics and multiple regresion analysis. The findings showed that 42.6% of students were in high category of learning attitude, 54.6% of students were in high category of learning habits, and 57% of students were in complete category of mathematic student achievment. There was not a significance effect of learning attitude on mathematic students achievement with tcal=1,912 and p-value 0.059. There was a significance effect of learning habits on mathematic students achievement with tcal=2,456 and p-value 0.016. There were significance effects of learning attitude and learning habits simultaneously on learning independence on mathematic students achievement of seventh grade students of SMP Negeri 10 Tarakan showed in the multiple regresion equation Ŷ = 39,464 + 0,234 X1 + 0,394 X2. The result of determination coefficient showed that learning attitude and learning habits contribute 25,2% effects on mathematic students achievement. Keywords: Learning Attitude, Learning Habits and Mathematics Student Achievement

Detail Informasi