
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Assahaf Reezah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimential design dengan desain nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/ 2016 di SMP Negeri 9 Tarakan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran problem posing dan variabel terikat adalah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Tarakan. Penarikan sampel yang digunakan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian yaitu kelas VIII-5 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-8 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk analisis data awal dan analisis data akhir menggunkan uji statistik independent samples t-test dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata nilai posttest di kelas kontrol yaitu di kelas eksperimen sebesar 61,50 sedangkan di kelas kontrol sebesar 48,75. Setelah diberi perlakuan terdapat perbedaan persentase tingkat kemampuan pemahaman konsep dari kedua kelas yaitu pada kelas eksperimen sebesar 61,51% berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 48,75% berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis data posttest menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 3,162 > 1,6716 sehingga h0 di tolak maka dapat disimpulkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Posing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
The Research was aimed to find out the effect of applying learning model problem posing on the skill of understanding math concept of grade VIII students of SMP Negeri 9 Tarakan. The type of this research was quasi experimential design with nonequivalent control grup design. This research was conducted on even semester in academic year 2015/ 2016 at SMP Negeri 9 Tarakan. The independent variable of this research was the learning model problem posing and the dependent variable was student the skill of understanding math concept. The population of this study was all students of grade VIII at SMP Negeri 9 Tarakan. The sampling technique used simple random sampling and the sample wasobtained to be class VIII-5 with 30 students as experimential class and class VIII-8 with 30 students as controlled class. The technique off collecting data in this study was written test and documentation. The data analysis in the study used descriptive analysis and inferential analysis for initial data analysis and final data analysis using statistical test independent samples t-test with SPSS software 16.0 for windows. The descriptive analysis result showed average score of posttest in the experimential class was bigger than the average score of posttest in the controlled class. In the experimential class was as big as 61,50 while in the controlled class was as big as 48,75. After given the treatment there was a difference in the percentage of the understanding skill level of the two classes that was in the experimential was as big as 61,51% in high category, while in the controlled class was as big as 48,75% in sufficient category. Based on the hypothesis test, the posttest data showed the value of tcount > ttable that was 3,162 > 1,6716 so h0 rejected and it can be concluded that the average skill of concept understanding in experimential class was bigger than the controlled class. So, the application of learning model problem posing has an effect on the skill of understanding math concept of grade VIII students of SMP Negeri 9 Tarakan. Keywords: Learning Model Problem Posing, The Skill of Understanding Math Concept