
Hubungan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS Al-Khairaat Tarakan
Pengarang : Amirul Mukminin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan kategori gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik) siswa VIII semester genap MTs Al- Khairaat Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Mendeskripsikan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester genap MTs Al- Khairaat Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016. (3) Mengetahui Hubungan antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester genap MTs Al- Khairaat Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap MTs Al- Khairaat Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakn angket dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan skor. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis uji deskriptif dan korelasi Product Moment.
Hasil uji deskriptif dan korelasi Product Moment mengenai hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII semester genap MTs Al Khairaat Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016 sebagai berikut: (1) Gaya belajar matematika siswa memiliki rata-rata 82,83 dan didominasi oleh gaya belajar Visual sebanyak 14 siswa, sedangkan gaya belajar Auditori sebanyak 4 siswa dan 6 siswa dengan gaya belajar kinestetik. (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan rata-rata nilai 87,67 berada dalam kategori baik. (3) Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik terhadap data variabel X dan Y, diperoleh thitung 4,1 pada taraf signifikansi = 0,05/2= 0,025 (dua sisi) dan db = 22 diperoleh nilai ttabel 2,074 berarti thitung 4,1 > ttabel 2,074 sehingga diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Al-Khairaat Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar
The purpose of this study to: (1) Describe the category of learning styles (visual, auditory and kinesthetics) students' second semester of eighth grade students of MTs Al- Khairaat Tarakan Academic Year 2015/2016. (2) to describe the mathematics achievement second semester of eighth grade students of MTs Al- Khairaat Tarakan Academic Year 2015/2016. (3) Know the relationship between learning styles of students with mathematics learning achievement second semester of eighth grade students of MTs Al-Khairaat Tarakan Academic Year 2015/2016. This type of research is survey research with a quantitative approach. Subjects of this study is the second semester of eighth grade students of MTs Al- Khairaat Tarakan Academic Year 2015/2016. Data collection techniques in this study to use your questionnaire and documents. Data analysis techniques in this research is by using a score. The research data were collected and analysed using descriptive test and analysis techniques Product Moment Correlation. Descriptive test results and product moment correlation of the relationship between learning styles and academic achievement in the second semester of eighth grade students of MTs Al- Khairaat Tarakan Academic Year 2015/2016 as follows: (1) The style of mathematics learning has an average of 82.83 and dominated by learning style Visual many as 14 students, while learning style Auditory many as four students and six students with kinesthetics learning style. (2) The achievement of mathematics learning with an average value of 87.67 to be in either category. (3) Based on testing the hypothesis by using statistical test to the data variables X and Y, obtained t = 4,1 at significance level of 0,05 / 2 = 0,025 (two-sided) and db = 22 obtained t table 2,074 t mean 4.1 > t table 2,074 so it was decided that there is a relationship between learning styles and academic achievement of student mathematics class VIII MTs. Al-Khairaat Tarakan Academic Year 2015/2016. Keywords: Learning Style, Academic Achievement