
Pengaruh Diskusi Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Malinau Kota
Pengarang : Enggar Septia Ningsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Minat belajar adalah kecenderungan individu untuk memiliki senang dan bahagia tanpa adanya paksaan dari siapapun sehingga dapat menyebabkan perubahan pengetahuan, keterampilan, tingkah laku. Berdasarkan observasi selama proses belajar di kelas terdapat siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak berkonsentrasi dalam belajar, tidur pada jam pelajaran, keluar masuk kelas saat jam pelajaran, tindakan tersebut tidak hanya pada mata pelajaran tertentu, tetapi hampir pada setiap mata pelajaran, susana dalam kelas membuat siswa merasa bosan sehingga membuat siswa keluar masuk kelas pada saat jam pelajaran, seringkali meminta ijin untuk ke toilet, pada saat diskusi kelompok siswa ditanya tidak ada yang merespon, dan kurang bersemangat pada saat jam pelajaran di kelas. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya melalui diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskusi kelompok terhadap minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Malinau Kota. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan pre-eksperimen dan desain penelitian one group pretest-posttest. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan metode undian, sampel penelitian berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa skala likert tentang minat belajar. Analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini, perhitungan uji paired simple t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh diskusi kelompok terhadap minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Malinau Kota.
Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Minat Belajar
Learning interest is an individual's inclination to experience enjoyment and satisfaction in the learning process without external coercion, leading to changes in knowledge, skills, and behavior. Observations during classroom activities revealed that some students exhibited low engagement, such as paying minimal attention to teacher explanations, lack of concentration, sleeping during class hours, and frequent disruptions, including leaving and re-entering the classroom. These behaviors occurred across various subjects, creating a monotonous classroom atmosphere that further disengaged students. Additionally, during group discussions, students displayed minimal responsiveness and enthusiasm. To address this issue, group discussion was introduced as an intervention. This study aimed to determine the effect of group discussion on the learning interest of eighth-grade students at SMP Negeri 2 Malinau Kota. A quantitative research approach was employed, utilizing a pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design. A simple random sampling technique using the lottery method was utilized, resulting in a sample of 15 students. Data were collected using a Likert-scale instrument measuring learning interest, and the analysis was conducted using descriptive and inferential statistics, specifically the paired sample t-test. The findings revealed that the paired sample t-test produced a probability value (Sig. 2- tailed) of 0.000, which was less than the level of significance at 0.05. This result indicated that the alternative hypothesis (Ha) was accepted, and the null hypothesis (Ho) was rejected. Thus, it was concluded that group discussions had a significant effect on the learning interest of eighth-grade students at SMP Negeri 2 Malinau Kota. Keywords: Group Discussion, Learning Interest