
Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Kemampuan Pemahaman Relasional Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Hendra Wirawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan pemahaman relasional matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design dengan disain penelitian adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis statistik dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan thitung = 4,77 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai t tabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan pemahaman relasional matematika antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa “terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan pemahaman relasional matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan”.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PQ4R dan Kemampuan Pemahaman Relational
The purpose on this research was knowing, the influence of using learning strategy PQ4R on the ability of relational understanding mathematics of the student in grade eight in SMP Negeri 4 Tarakan. The type of the research was quasi experimental with control only posttest design. The population of this research was taken by all of the students in grade eight in SMP Negeri 4 Tarakan. The sample of this research was taken by simple random sampling technique. The Sample in this research was VIII-8 grade as the experiment class was using learning strategy PQ4R and the other class was VIII-3 grade as a control class was using conventional learning. The collecting data in this research was using test and taking document. The technique of analyze data was using statistic analyze which used sofware Statictical Package fof Social Science (SPSS) 16.0 for windows to analyze the data in this research. Based on the research data showed that t count = 4,77, then the result had been compared with the t table = 1.67 in significant standard was 5%. So that t count > t table, it can be reported that H0 was rejected and Ha was accepted. It means that, there was a difference in ability of relational understanding mathematics between the students who have been taught with learning strategy PQ4R with the other students who have been taught by using conventional learning. It can be concluded that "there was the influence of learning strategy PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) on the ability of relational understanding mathematic in grade eight in SMP Negeri 4 Tarakan". Keywords: Learning Strategy PQ4R and Relational Understanding Ability