Math Dungeon Berbasis Komputer Jenis Game RPG (Role Playing Game) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII SMPN 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Math Dungeon Berbasis Komputer Jenis Game RPG (Role Playing Game) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII SMPN 5 Tarakan

Math Dungeon Berbasis Komputer Jenis Game RPG (Role Playing Game) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII SMPN 5 Tarakan

Pengarang : Irmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 5 Tarakan pada kelas VIII. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk game Math Dungeon yang layak sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan pada materi relasi dan fungsi.
Model pengembangan yang digunakan adalah model penemuan Thiagarajan yaitu four-D. Pada model four-D terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Evalusi produk game Math Dungeon dilakukan sebanyak 4 tahapan yaitu 1) validasi oleh ahli isi atau materi, media, dan desain pembelajaran, 2) uji coba lapangan awal dilkaukan terhadap 6 orang siswa, 3) uji coba lapangan utama dilakukan terhadap 30 orang siswa, 4) uji coba lapangan operasional dilakukan terhadap 40 orang siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa produk game Math Dungeon yang dikembangkan berdasarkan validasi pada aspek kelayakan memperoleh skor 36 berada pada kategori sangat baik, aspek tampilan dan desain memperoleh skor 51 berada pada kategori sangat baik serta aspek keakuratan, kemutakhiran dan kejelasan memperoleh skor 32 berada pada kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil penelitian di lapangan game Math Dungeon telah memenuhi syarat rekayasa perangkat lunak, komunikasi visual dan desain pembelajaran. Dengan demikian, game Math Dungeon dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan.

Kata Kunci: Game Math Dungeon, Model Pengembangan Four-D

The type of this research was research and development which conducted in SMP Negeri 5 Tarakan on the class VIII. The aim of the research was to produce Math Dungeon game which is have a deserved to be used mathematics learning media on the class VIII of SMP Negeri 5 Tarakan on the relation and function. Development model that used is model by Thiagarajan that is four-D. Model four-D consist of 4 stages is Define, Design, Development and Disseminate. Evaluation of Math Dungeon game product conducted in 4 stages is 1) evaluation by the material, media, and learning design expert, 2) preliminary field test conducted on six students, 3) main field test conducted on 30 students, 4) operational field test conducted on 40 students. The result of analyzes show that Math Dungeon game product which is being develop based validation on the appropriateness aspect to get score of 36 are in the very good category, scene presentation and design aspect to get score of 51 are in the very good category, and accuracy, currency and clarity aspect to get score of 32 are in the very good category. Meanwhile the result of the field research of Math Dungeon game has been fulfilled software engineering, visual communication and learning design. Therefore, Math Dungeon game is have a worthy as mathematics learning media device by student on the class VIII of SMP Negeri 5 Tarakan. Keywords: Math Dungeon Game, Four-D Development Model

Detail Informasi