
Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Yudha Mahendra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 21 Januari 2017 di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal (sebab akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Sampel Jenuh. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan non tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku dan persentase deskriptif. Analisis inferensial menggunakan regresi ganda dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa rata-rata lingkungan keluarga kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan pada umumnya berada pada kategori sangat baik yaitu sebesar 65,91%. Adapun rata-rata lingkungan sekolah berada pada kategori sangat baik yaitu sebesar 56,82%. Sedangkan hasil analisis inferensial menggunakan regres ganda dengan menggunakan uji F dengan bantuan SPSS versi 16.0, maka diperoleh persamaan regresi Y = 55,918 + 0,135X1 + 0,159X2 dengan nilai Fhitung sebesar 13,733 dan nilai sig 0,000. Karena nilai Fhitung > Ftabel atau 13,733 > 3,23 dan sig ≤ a = 5% atau 0,000 ≤ 0,05, maka penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Matematika
This study aims to determine the influence of family environment and school environment simultaneously on mathematics achievement grade students of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. The research was conducted on January 19th to January 21st, 2017, at SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. This research is quantitative research with a cause approach (cause). The population in this study were all students of class VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. The sample in this study amounted to 44 students taken using saturated sampling technique. The data collection techniques in this study are the use of non-test and documentation. Data were analyzed using descriptive and inferential statistical analysis. Descriptive analysis includes the average and standard deviation and percentage descriptive. Inferential analysis using multiple regression with SPSS 16.0 for Windows. Descriptive analysis showed that the average family environment class VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan in general are in very good category that is equal to 65.91%. The average school environment is in the very good category that is equal to 56.82%. The results of inferential analysis using double Recourse using F test with SPSS version 16.0, the regression equation Y = 55.918 + 0,135X1 + 0,159X2 value F count 13.733 and 0.000 sig. Because the F count > F table or 13.733 > 3.23 and sig ≤ a = 5% or 0,000 ≤ 0.05, this study shows that there is the influence of family environment and school environment simultaneously on mathematics achievement grade students of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Keywords: Family Environment, Environmental School, Mathematics Learning Achievement