Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 9 Tarakan

Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 9 Tarakan

Pengarang : Yakobus Yosri Tonapa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 9 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 September – 13 Oktober 2016 di SMPN 9 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest Posttest Two Treatmen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII-6 sebagai kelas eksperimen 2, Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji statistik independent sample t test dengan bantuan software SPSS versi 22.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan matematika siswa kelas eksperimen 1 adalah 63,98 dan nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen 2 adalah 56,43. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh p value sebesar 0,0215. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,0215 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik jika dibandingkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas VIII SMPN 9 Tarakan.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

This research aims to study the comparison of Problem Based learning model and Discovery learning model to the ability of mathematical problem solving at the eight grade students of SMPN 9 Tarakan. This research was held on 21 September – 13 October 2016 in SMPN 9 Tarakan. The research is a quasi experiment with Pretest-Posttest Two Treatment Design. The population of this research is all of the eight grade classes of SMPN 9 Tarakan. The sample of this research are class VIII-7 as one experiment class and VIII-6 as two experiment class. The sampling technique was simple random sampling. The technique of data collecting of this research is using test. The technique of data analysis are descriptive and inferential analysis which using independent sample t test with helped by software SPPS versi 22.0 for windows. Based on the result of descriptive analysis, test mean of the ability of mathematical problem solving one experiment class is 63,98 and test mean of the ability of mathematical problem solving two experiment class is 56,43. Based the result of independent sample t-test with a significance level of 5% obtained p-value 0,0215. So that 0,0215 < 0,05. Then H0 rejected and H1 accepted so can concluded that mean of the ability of mathematical problem-solving student study using problem-based learning model be better than comparison mean of the ability of mathematical problem-solving student study using discovery learning model the eighth grade students of SMPN 9 Tarakan. Keywords: Problem Based Learning, Discovery Learning, The Ability of Mathematical Problem Solving

Detail Informasi