Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sebatik Tengah | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sebatik Tengah

Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sebatik Tengah

Pengarang : Tiara Desy Ari Susanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika, dan pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sebatik Tengah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel penelitian ini adalah 77 siswa yang terdiri dari 4 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sebatik Tengah berada pada kategori rendah sebesar 38,96%, rata-rata lingkungan belajar siswa berada pada kategori tinggi sebesar 32,47% dan hasil belajar matematika siswa pada kategori kurang sebesar 50,65%. Hasil analisis regresi linear ganda menunjukkan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai signifikan 0,000. Hasil analisis regresi linear ganda menunjukkan terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai signifikan 0,000. Terdapat pengaruh secara simultan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sebatik Tengah sebesar 54,8%, dengan persamaan regresi Y = -33,784 + 0,575X1 + 0,317X2.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Matematika

The objectives of the research are to know the influence of learning motivation towards mathematic learning achievement, the influence of learning environment towards mathematic learning achievement and the influence of learning motivation and learning environment toward mathematic learning achievement of class XI in SMA Negeri 1 Sebatik Tengah. This research was a quantitative by survey method. Samples of this research are 77 students from 4 classes that was selected by Proportionate Stratified Random Sampling technique. Technique of data collection in this research was distributing questionnaire and collecting documentation. The data was analyzed by using descriptive statistics and multiple linear regressions. The result of descriptive analysis show that the average of students learning motivation of class XI in SMA Negeri 1 Sebatik Tengah was in low category amounted to 38,96%, the average of students learning environment was in high category amounted to 32,47%, and the result of students’ mathematics learning achievement was in low category amounted 50,65%. The result of multiple linear regression showed that there is influence of learning motivation towards students mathematic learning achievement with significant value 0,000, there is influence of learning environment towards students mathematic learning achievement with significant value 0,000, there is influence simulant of learning motivation and learning environment towards mathematic learning achievement of class XI in SMA Negeri 1 Sebatik Tengah amounted to 54,8%, with the equation of regression Y = -33,784 + 0,575X1 + 0,317X2. Keywords: Learning Motivation, Learning Environment, Mathematic Learning Achievement

Detail Informasi