
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Sunarti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tingkat prestasi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan, mengetahui tingkat keceradasan emosional kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan, mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini adalah 128 siswa yang diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan cara analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional siswa pada umumnya berada di bawah rata-rata. Hal tersebut berdasarkan kategori prestasi belajar matematika yang dicapai siswa. 21,80% atau sebanyak 28 siswa dengan kategori gagal, 26,60% atau sebanyak 34 siswa dengan kategori kurang, dan 22,60 atau sebanyak 29 siswa dengan kategori cukup. Untuk kecerdasan emosional siswa pada umumnya berada di bawah rat-rata. 27,34% atau sebanyak 35 siswa dengan kategori sangat rendah, 25,78% atau sebnyak dengan 33 siswa dengan kategori rendah, dan 21,10% atau sebanyak 27 siswa dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan dengan nilai signifikan 0,04 dan persamaan regresi Y = 6,87 + 0,08X, serta konstribusi pengaruh sebesar 3,3%.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Matematika
The objective of this research are to know the level of students matheatics learning achievement, the level of emotional inteligence and the influence the effect of emotional inteligence on mathematics learning achievement. The type of the research is quantitative research by survey method. Samples of thie research are 128 students that were taken by cluster sampling technique. Technique of data colection are distributing questionnaire and collecting documentation. The data were analyzed by descriptive statistics and inferencial statistic with simple linear regressions. The research result showed that mathematics achievment in general is underaverage. It is based on leraning mathematics achievment category that achieved by student. 21.80% or 28 students with fail category, 26,60% or 34 students with category less, and 22,60% or 29 students with enough category. For emotional intelligence of students in general are under average. 27,34% or 35 students with very low category, 25,78% 0r 33 students with low category, and 21,10% or 27 students with medium category. Based on the results of inferential statistical analysis shows that there is influence of emotional intelligence on mathematics achievment student grade VVII SMP Negeri 10 Tarakan with significant value 0.04. and regression equation Y = 6,87 + 0,08X and the effect of contribution is 3,3% Keywords: Emotional Intelligence, Mathematics Achievement