
Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Whole Brain Teaching (WBT) Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas VII-6 SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Sulistyaningsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pendekatan Whole Brain Teaching (WBT) pada materi garis dan sudut kelas VII-6 SMP Negeri 8 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2017 – 13 Mei 2017 di SMP Negeri 8 Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 SMP Negeri 8 Tarakan, yaitu 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan instrumen tes kemampuan komunikasi matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data keterlaksanaan pembelajaran guru, aktivitas belajar, dan hasil tes kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 81,81% siswa berada pada kategori minimal baik dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,87% siswa berada pada kategori minimal baik. Sedangkan hasil kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus I sebesar 69,69% siswa berada pada kategori minimal baik dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 75,75% siswa berada pada kategori minimal baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan whole brain teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi garis dan sudut kelas VII 6 SMP Negeri 8 Tarakan.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematika, Pendekatan Whole Brain Teaching
The purpose of this research is to increase the learning activities and communication skills of mathematics of students by using the whole brain teaching approach in material line and angle in class VII-6 of SMP Negeri 8 Tarakan. The type of this research is Classroom Action Research (CAR). The research was conducted on 5th May 2017 until 13rd May 2017 in SMP Negeri 8 Tarakan. The subject of this research was students of class VII-6 of SMP Negeri 8 Tarakan which consisted of 33 students. Data collection techniques of this research used learning observation sheets and a test instrument of student’s communication skills of mathematics. The data analysis techniques used the analysis of teacher’s achievement in learning process, students’ learning activities, and the result of students’ communication skills of mathematics. The research was conducted in two cycles, consisting of three meetings in every cycle. The result indicated that the learning activities in first cycle was 81,81% and students were in good category. While in second cycle, it is increased to be 87,87%. Moreover, the test result of communication skills of mathematics of students showed that the communication skills of mathematics in first cycle was 69,69% and students were in good category. While in second cycle, it increased to be 75,75%. Based on the research result above, it can be concluded that the application of whole brain teaching approach can increase the learning activities and communication skills of mathematics of students in material line and angle in class VII-6 of SMP Negeri 8 Tarakan. Keywords: Learning Activities, Communication Skills Mathematics, Whole Brain Teaching Approach