Pengembangan Multimedia Interaktif “Bolang Berhitung” Berbasis Komputer Jenis Tutorial Pada Materi Bilangan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Multimedia Interaktif “Bolang Berhitung” Berbasis Komputer Jenis Tutorial Pada Materi Bilangan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengembangan Multimedia Interaktif “Bolang Berhitung” Berbasis Komputer Jenis Tutorial Pada Materi Bilangan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Sai Fortune Dewi Kalsum - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri Tarakan pada kelas VII. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk Multimedia Interaktif “Bolang Berhitung” yang layak sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VII SMPNegeri 8 Tarakan pada materi bilangan.
Model pengembangan yang digunakan adalah model Luther yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Concept (Konsep), Design (Desain), Material Collecting (Pengumpulan Bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (Pengujian) dan Distribution (Distribusi). Evaluasi produk Multimedia Interaktif “Bolang Berhitung” dilakukan sebanyak 2 tahapan yaitu 1) validasi ahli isi atau materi, media, dan bahasa, 2) uji coba lapangan dilakukan terhadap 30 orang siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa produk Multimedia Interaktif “ Bolang Berhitung” yang dikembangkan berdasarkan validasi beberapa aspek. 3 aspek validasi tersebut antara lain; aspek kelayakan memperoleh skor 44, aspek keakuratan, kemutkhiran dan kejelasan memperoleh skor 13 dan aspek tampilan dan disain memperoleh skor 88. Sedangkan dari hasil penelitian di lapangan Multimedia Interaktif “ Bolang Berhitung” telah memenuhi syarat rekayasa perngkat lunak, komunikasi visual dan desain pembelajaran. Dengan demikian Multimedia Interaktif “Bolang Berhitung” dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif “Bolang Berhitung”, Model Pengembangan Luther

The type of this research was research and development which conducted in SMP Negeri 8 Tarakan on the class VII. The aim of the research was to produce Interactive Multimedia “Bolang Berhitung” which is deserved to be used as mathematics learning media on the class VII of SMP Negeri 8 Tarakan on the material number. Development model that used is Luther model. Luther model is consisting of 6 stages; those are concept, design, material collecting, assembly, testing and distribution. Evaluation of Interactive Multimedia “Bolang Berhitung” product conducted in 2 stages; those are 1) evaluation by material, media and language, 2) field test conducted on 30 students. The results of analyzes show that Interactive Multimedia “Bolang Berhitung” product developed based as aspects validation. The 3 aspects of validation are the appropriateness aspect to get score of 44, accuracy, currency and clarity aspect get score of 13 and scene presentation and design aspect get score 88. Meanwhile, the result of the field research of Interactive Multimedia “Bolang Berhitung” has been fulfilled software engineering, visual communication and learning design. Therefore, Interactive Multimedia Bolang Berhitung is have a worth to be mathematics learning media for student on the class VII SMP Negeri 8 Tarakan. Keywords: Interactive Multimedia Bolang Berhitung, Luther Development Model

Detail Informasi