
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Rosmiati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMP Negeri 5 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-8 sebagai kelas eskperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol, sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data analisis menngunakan analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen adalah 68,91 Dan skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas kontrol adalah 51,80. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh nilai signifikan (1-tailed) sebesar 0,00. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,00 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Kemampuan Komunikasi Matematika
The objective of this study is to find out the effect of cooperative learning model Two Stay Two Stray (TSTS) type on the ability of mathematic communication in the Eight Grade Students of SMP Negeri 5 Tarakan. This research was held in even semester academic year 2016/2017 in SMP Negeri 5 Tarakan. The type of research is quasi experimental by posttest only control design. The population of this study all the eighth grade of SMP Negeri 5 Tarakan. The sample of this study is VIII-8 as an experimental class and VIII-6 as a control class, samples were taken by using simple random sampling. This study used test in collecting the data. Data were analyzed by statistic descriptive and inferential. The result of descriptive analysis shows that the means of mathematic student's communication for experimental class is 68,91 and the Mean of mathematic student's communication of control class is 51,80. While, based on the independent sample t-test analyze result with 5% of significant level (a = 0,05) obtained significant value (1 – tailed) is 0,00. It means that H0 was rejected. It can be concluded that cooperative learning model Two Stay Two Stray (TSTS) type had effected to the student's ability of mathematic communication of eight grade at SMP Negeri 5 Tarakan. Keywords: Cooperative Learning Model Two Stay Two Stray (TSTS) Type, Mathematic Communication Skill