Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Riska Melia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/ 2017 di SMP Negeri 10 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-4 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep matematika kelas eksperimen adalah 71,03 dan nilai rata-rata pemahaman konsep matematika kelas kontrol adalah 50,44. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran concept attainment berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Kata Kunci: Concept Attainment, Pemahaman Konsep Matematika

The objective of this research is to find out the effect of concept attainment model toward mathematic students’ concept understanding. This research was conducted on the even semester in academic year 2016/2017 of SMP N 10 Tarakan. This research is a quasi-experimental research with posttest only control design. The population of this research is all of the seven grade students of SMP N 10 Tarakan. The samples were taken by simple random sampling technique is divided into two classes VII-2 as an experiment class and VII-4 as a control class. Data analyzed by using descriptive statistical analysis and statistical test independent sample t-test by using software SPSS version 16.0 for windows. The result of descriptive analysis showed that the average score of mathematical concepts in the experimental class was 71,03 and the average score of mathematical concepts in the control class was 50,44. Meanwhile, according to the result of independent sample t-test analysis with 5% (a = 0,05) significant level was obtained 0,000 of p-value. Therefore, H0 was rejected and H1 was accepted. So, it can be concluded that concept attainment model affected towards mathematical concepts. Keywords: Concept Attainment, Mathematic Concept Understanding

Detail Informasi