
Implementasi Model Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMPN 1 Malinau Selatan
Pengarang : Rio Efendy - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model problem posing. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah siswa kelas IX SMPN 1 Malinau Selatan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan model problem posing. Teknik pengumpulan data yang digunakan dari hasil observasi aktivitas guru dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti untuk menentukan indikator keberhasilan siswa secara menyeluruh.
Hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I nilai rata-rata mencapai 73,26 dan pencapaian ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 56%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata 79,52 dengan pencapaian ketuntasan belajar klasikal 82,60%.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Problem Posing
This study aims to improve students' mathematics problem solving using problem posing models. Subject Classroom Action Research (CAR) is a class IX student of SMPN 1 South Malinau. Classroom Action Research (CAR) was conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation, and reflection. This study uses a model of problem posing. Data collection techniques used from the observation of teacher activity and test students' mathematics problem solving ability. Data analysis techniques researchers use to determine indicators of student success overall. Problem solving ability test results in cycle I reached an average value of 73.26 and achieving the completeness of classical study in the first cycle 56%, and the second cycle II increased problem-solving ability test results with an average value of 79.52 with the achievement of mastery learning 82.60% classical. Keywords: Mathematics Problem Solving Ability, Problem Posing Model